Yang Tersembunyi & Yang Terbuka

Yang unik dari warga Kerajaan Allah: ada bidang kehidupan yang TERSEMBUNYI, ada bidang kehidupan yang TERBUKA dan TERBACA.

Apakah yang TERSEMBUNYI dan apakah yang TERBUKA/TERBACA?

Yang tersembunyi adalah kehidupan doanya. Bentuk ekspresi  keintimannya dengan Allah, Kristus dan Roh Kudus.

Yang terbuka dan terbaca oleh orang lain atau publik adalah PERBUATAN BAIK-nya kepada orang lain atau masyarakat. Sifat keserupaan Kristus: mengasihi, melayani, berkorban untuk kebaikan orang lain, penguasaan diri, kesabaran.

Yang dikritik Tuhan Yesus tentang ahli Taurat dan agamawan adalah mempertunjukkan (atau kebanggaan jika dilihat orang lain) bentuk doa dan bentuk ketaatan pada ritual keagamaannya, sementara perbuatan baik dan sifat-sifat seperti kasih, melayani, sabar, berkorban untuk kebaikan orang lain dst sangat kurang bahkan nol.

Tanpa sadar pemahaman saya sering terbalik: yang harusnya tersembunyi di ekspresikan ke luar, sementara yang harusnya dilihat dan dirasakan orang ditahan-tahan karena malu, malas atau karena alasan lain.

Syukurlah Roh Kudus sedang mengajari kita dan melatih kita melalui interaksi “saling” di antara kita.

Matius 6:5-6  “Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Matius 5:16  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Author: Navina

Komentar atau Pertanyaan